Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks Tanpa Harus Mengetik

Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks Tanpa Harus Mengetik

Saat ini kita bisa menuliskan ucapan seseorang tanpa harus repot untuk mengetiknya. Saat ini sudah banyak aplikasi yang mengubah suara menjadi teks yang bisa digunakan baik di iOS maupun Android.

Melalui aplikasi canggih ini, kita dengan mudah menuliskan kata-kata orang lain tanpa harus mengetiknya. Aplikasi akan secara otomatis merekam apa yang dikatakan ke dalam mikrofon smartphone.

Cara menggunakaannya juga sangat sederhana. Setelah Anda membuka aplikasinya lalu mengaktifkan alat yang sudah tersedia. Jika Anda yang tidak bisa berbahasa asing tidak usah khawatir, aplikasi ini bisa juga difungsikan dalam berbagai bahasa.

Beberapa aplikasi bahkan dapat merekam apa yang diucapkan dalam bahasa lain. Misalnya, jika pembicara berbicara bahasa Inggris, aplikasi ini bisa menuliskannya dalam bahasa Indonesia.

Ada banyak aplikasi pengubah suara menjadi teks yang bisa digunakan, namun disini ada 4 rekomendasikan aplikasi yang banyak digunakan. Berikut daftarnya:

Google Keyboard (Gboard)

Aplikasi Gboard ini memiliki keunggulan lebih dari aplikasi lainnya. Ketika menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda tidak hanya dapat mentranskripsikan suara, tetapi juga melakukan hal lain seperti tulisan tangan, pengetikan, Google translate, dan lainnya.

TRANDING:  Aplikasi FacePlay Bisa Bikin Video TikTok mu Viral

Live Transcribe

Live transcribe adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Pada awalnya aplikasi ini dirancang untuk tunarungu. Untuk menggunakan aplikasi ini, kita hanya perlu berbicara di depan smartphone, nanti apa yang diucapkan akan ditranskripsikan menjadi teks secara real time.

Keuntungan menggunakan live transcribe adalah antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna. Keunggulan dari aplikasi ini kompatibel dengan lebih dari 70 bahasa dan memiliki kemampuan untuk mengubah menjadi teks antar bahasa.

Write by Voice

Sama seperti aplikasi di atas, menulis dengan suara juga dapat mengubah suara menjadi teks. Menariknya, aplikasi ini bisa langsung mengirim transkrip ke messenger, email, dan aplikasi lain yang mendukungnya.

TRANDING:  5 Aplikasi Adzan dan Arah Kiblat Terbaik

Penulisan suara menjadi teks juga bisa digunakan dengan memakai beberapa bahasa, mengatur ukuran font, mode gelap untuk menghemat baterai, dan banyak lagi.

Speechnotes

Speechnotes telah diunduh oleh jutaan pengguna. Aplikasi ini sangat cocok untuk penulis dan siapa saja yang perlu menulis dengan cepat secara praktis.

Speechnote memiliki beberapa keunggulan, antara lain kemampuan transkripsi yang akurat, dapat digunakan berjam-jam, bahkan dapat digunakan secara offline, menyaring noise sehingga tidak terekam, dan memiliki ukuran file yang kecil.

Voice Notebook

Melalui aplkasi ini Anda bisa membuat catatan suara dan menyimpannya secara lokal atau mungkin mengirimnya ke layanan cloud. Untuk meningkatkan pengenalan suara, koneksi Internet diperlukan, dan paket bahasa pengenalan suara lokal harus diinstal.

Notepad suara juga sangat mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki fitur hemat daya, sehingga bisa digunakan lebih lama ketika berada di luar ruangan.