Cara Investasi Saham Syariah di Indopremier

Cara Investasi Saham Syariah di Indopremier

Bagaiaman Cara investasi syariah diSaham merupakan salah satu pilihan instrument investasi jangka panjang. Harga saham ini bisa naik turun dengan drastis sehingga kita mengenalnya sebagai instrumen investasi yang high risk and high return. Tidak heran jika ada anggapan kalau investasi di saham itu sebagai spekulasi bahkan sebagai judi yang tidak diboleh dalam Islam. Namun kamu tidak usah khawatir, saat ini sudahada investasi saham yang sesuai syariah.

Salah satu keunggulan dari IpotGo yaitu memiliki fitur Go Robot yang mana bisa membuat kita lebih mudah untuk melakukan transaksi jual atau beli saham secara otomatis. Jadi tidak perlu kita setiap saat harus memantau perkembangan harga saham. Kita bisa pasang harga jual ataupun beli sesuai dengan yang kita inginkan. Kita tinggal  tunggu dan secara otomatis  transaksi akan terjadi jika harga yang kita tentukan cocok dengan permintaan yang kita inginkan.

Cara Investasi Syariah di Indopremier

  • Bagi yang ingin melakukan investasi saham syariah melalui sekuritas indopremier atau nama lainnya IpotGo download aplikasinya dari Playstore.
  • Cara registrasi silahkan klik tanda jempol di pojok kanan atas dan klik menu register.
  • Untuk membuka akun di indopremier masukkan alamat email dan nomor HP yang akan di Kirimkan SMS OTP untuk verifikasi proses pendaftaran.
  • Selanjutnya foto tanda tangan di kertas, foto ektp, foto NPWP jika  memiliki NPWP.
  • Kemudian buat video yang isinya kalimat yang kita baca yaitu kalimat pernyataan persetujuan atas persyaratan dan ketentuan dari formulir pendaftaran registrasi IpotGo.

Proses registrasi ini mungkin sekitar 15 menit, usahakan agar prosesnya jangan terlalu lama karena khawatirnya aplikasi akan balik lagi ke halaman utama sehingga kita harus memulai pendaftaran dari awal lagi. Kalau sudah memiliki akun IpotGo yang prosesnya kurang lebih membutuhkan waktu beberapa hari setelah kita selesai melakukan registrasi kita akan bisa melakukan login di halaman ini dan kita bisa masuk ke halaman portofolio kita.

Breaking News  Instrument Investasi Syariah Yang Paling Direkomendasikan

Jika kita melakukan proses registrasi melalui hp maka di Indopremier akan membuatkan kita Rekening Dana Nasabah di Bank Permata.  Ada dua hal penting yang harus ketahui tentang jual beli saham di lembaga sekuritas manapun. Pertama yaitu akun untuk kita login dan melakukan trading di lembaga sekuritas, yang kedua adalah nomor rekening tempat kita deposit uang untuk jual-beli saham.

Beda Akun Syariah Dengan Akun Reguler

Jika kita melakukan registrasi melalui hp maka kita akan dibuatkan akun regular yang mana tombolnya kodenya adalah dimulai dari huruf R. Ketika sudah mendapatkan akun dan  ingin melakukan transaksi secara syariah kita bisa meminta melalui email. Cukup mengirim email kepada customer service dari Indopremier untuk dibuatkan akun syariah. Setelah satu atau dua hari mereka akan membuatkan akun syariah kita dan kita bisa melakukan transaksi dengan menggunakan akun syariah kita. dengan kode awal S.

Untuk akun syariah atau akun dengan kode S ini memudahkan kita untuk melakukan jual-beli saham secara praktek syariah. Misalnya ketika ingin membeli saham dari perusahaan yang tidak diperbolehkan secara syariah seperti perusahaan rokok, minuman keras, bank konvensional. Maka secara otomatis jika menggunakan akun syariah request kita akan tertolak oleh system.

Ketika kita ingin menjual saham yang tidak ada di dalam portofolio maka request kita akan tertolak secara otomatis.  Jika kita ingin membeli saham dengan jumlah atau nominal harga melebihi dana yang ada di deposit rekening, maka transaksi tersebut pun akan ditolak secara otomatis oleh sistem.

Breaking News  Simak Cara Investasi Emas Di Pegadaian dan Keuntungannya

Sedangkan jika kita menggunakan akun regular maka kita bisa membeli saham apapun tanpa ada batasan termasuk kita jika kita membeli saham yang tidak sesuai dengan syariah seperti perusahaan bank konvensional, perusahaan rokok, minuman keras maka tetap akan bisa dilakukan .

Rekening Dana Nasabah Untuk Transaksi Saham

Hal yang berbeda lainnya dari account di lembaga sekuritas adalah nomor rekening dana nasabah. Nomor Rekening Dana Nasabah (RDN) ini merupakan rekening tempat kita deposit uang untuk transaksi jual beli. Konsep RDN yaitu kita memiliki tabungan di rekening sebuah Bank untuk transaksi saham.

Jika kita mendaftar akun melalui hp maka IpotGo akan membuatkan rekening dana Nasabah di
Bank Permata karena Indopremier bekerjasama dengan Bank Permata.

Pertama kali kita dapat adalah RDN reguler atau Bank konvensional.  Jika ingin membuka RDN di Bank syariah kita tinggal kirim email saja ke indopremier. Mereka akan mengirimkan formulir pembukaan rekening baru untuk Bank BCA Syariah. Isi formulir dan kirim kembali ke kantor pusat Indopremier, prosesnya mungkin kurang lebih Butuh waktu sekitar 1-2 minggu.

Ketika menggunakan rekening Bank BCA Syariah maka setiap akhir bulan juga kita akan mendapatkan bagi hasil sama seperti ketika kita menabung di Bank seperti pada biasanya. Misalnya kita menggunakan bank syariah maka tidak perlu khawatir lagi dengan bunga tapi tetap akan mendapatkan bagi hasil dari tabungan.