Investasi Syariah Untuk Pemula

Investasi Syariah Untuk Pemula

Cara investasi saham syariah untuk pemula, cara daftar, beli saham dan contoh perusahaan yang termasuk saham halal.

Bagi Anda yang memiliki uang cadangan, jika uang dibiarkan begitu saja akan tergerus inflasi. Anda tidak hanya dapat menghemat uang, tetapi juga berinvestasi dalam membeli saham. Membeli saham berarti Anda adalah salah satu pemilik perusahaan, jika perusahaan menguntungkan, Anda juga dapat memperoleh keuntungan dalam bentuk dividen reguler.

Ini menarik kamu tidak melakukan apa-apa, tetapi kamu bisa mendapat manfaat dari pembagian keuntungan. Selain itu, jika harga saham lebih tinggi dari pada saat pembelian, maka kita juga mendapat untung jika menjual saham pada selisih harga tersebut.

Banyak orang berpikir bahwa berinvestasi saham membutuhkan banyak uang dan hanya bisa dilakukan oleh orang kaya. Bahkan, dengan modal hanya beberapa ratus ribu rupiah saja, Anda sudah bisa mulai Rp100.000 untuk berinvestasi saham.

Umat ​​Islam tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak pilihan instrumen investasi saham  syariah. Dengan berinvestasi di saham syariah, Anda tidak hanya bisa meraup keuntungan finansial, tapi juga lebih tenang karena uangnya lebih jelas asalnya.

Ada Dua Jenis Saham Syariah Yang Dikenal Di pasar Modal Indonesia.

1. Saham Berdasarkan Syariah

Ini adalah saham di mana perusahaan yang beroperasi menyatakan dirinya sebagai perusahaan syariah sejak awal. Perusahaan ini dibuat dan menjalankan kegiatan komersial yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah, dan juga memiliki dewan pengawas syariah.

2. Saham yang Sesuai Syariah

Jadi, ini adalah saham perusahaan yang tidak terdaftar sebagai perusahaan Syariah, tetapi sahamnya memenuhi kriteria untuk menjadi saham Syariah berdasarkan peraturan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Breaking News  Cara Investasi Emas Agar Untung dan Minim Resiko

Jenis kegiatan yang berkaitan dengan barang, jasa kontrak dan pengelolaan emiten tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah emiten. Singkatnya, perusahaan itu mungkin, dan selanjutnya pendapatan bunga dalam perusahaan harus lebih kecil dari pendapatan syariah, dan hutang bunga mereka juga harus lebih kecil dari aset mereka.

Bagaimana Cara Membeli Saham Syariah Untuk Pemula?

  • Pertama-tama, Anda harus mendaftar melalui perusahaan sekuritas atau nama lain – pialang saham. Pastikan perusahaan pialang memiliki izin perantara pedagang efek (PPE) atau wakil perantara pedagang efek (wppe) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tercatat di Bursa Efek Indonesia.
  • Dokumen yang diperlukan untuk pembukaan rekening efek biasanya berupa fotokopi KTP, fotokopi NPWP. Jika belum memiliki NPWP, Anda dapat melampirkan NPWP orang tua atau suami, atau menggantinya dengan akta non-NPWP.
  • Selain itu, diperlukan fotokopi halaman judul atau sampul buku tabungan untuk membuka rekening efek, dan siapkan minimal 2 buah materai.
  • Kemudian, untuk membuat akun membeli saham, Anda cukup pergi ke perusahaan broker saham, mengisi formulir dan memberikan dokumen yang diperlukan.
  • Anda kemudian akan diminta untuk melakukan setoran awal, yang akan masuk ke rekening dana investor. Contoh bank yang mempromosikan RDN adalah BCA, BCA Syariah, CIMB, Mandiri dan Permata. RDN ini dirancang khusus untuk memudahkan transaksi jual beli pasar modal.
  • Biasanya rekening RDN terpisah dari tabungan biasa. Setelah RDN siap, Anda dapat mulai menyetor uang. Saldo RDN awal bervariasi tergantung pada keamanan yang Anda pilih, tetapi biasanya saldo RDN termurah adalah Rp 100.000. Kemudian beli saja saham yang ingin Anda beli.
Breaking News  Mau Investasi? Coba Aplikasi Investasi Emas Online Terpercaya 2021 Ini

Berikut Broker Yang Persyaratan Setoran Awalnya Rendah

1. Indopremier sekuritas

Broker ini menawarkan pembukaan akun tanpa setoran awal minimum. Ini berarti Anda dapat memiliki akun pertukaran dengan Indopremier tanpa investasi sepeser pun. Namun perlu diingat bahwa modal diperlukan untuk bermain saham, saat ini ada komisi 0,19% yang dibebankan untuk transaksi pembelian saham dan 0,29% untuk penjualan saham.

2. Profindo International Securities

Ada juga broker yang disebut Profindo International Securities Broker. Setoran awal minimal 100 ribu rupiah. Daripada menghabiskan uang untuk camilan yang tidak jelas, lebih baik membelanjakannya untuk meneliti investasi halal.

3. RHB Securities Indonesia

Selain itu, ada juga broker RHB Securities Indonesia yang juga memiliki setoran awal hanya Rp 100.000. RHB ini juga memiliki margin dimana limit transaksinya dua kali lipat dari nilai yang dijamin. Anda dapat mengambil pinjaman pada awalnya, tetapi untuk referensi ada tingkat bunga 18% per tahun. tetapi Anda tidak harus berhutang jika ingin berinvestasi untuk menghindari riba.

Sebenarnya masih banyak lagi perusahaan broker saham, namun rata-rata mereka meminta dana awal yang lebih tinggi. silahkan kamu google dan cari tahu broker mana yang tepat untuk Anda terlebih dahulu. Untuk kebutuhan investasi jangka pendek, menengah dan panjang.

Sebelum berinvestasi saham, tentunya melakukan riset terlebih dahulu tentang cara kerja perusahaan. Carilah perusahaan saham yang halal dengan rekam jejak profitabilitas yang konsisten. Selain itu, uang juga bagus untuk diversifikasi, daripada menginvestasikan semuanya di saham. Ada baiknya jika sebagian diinvestasikan pada saham, reksa dana, deposito syariah, sebagian digunakan sebagai modal usaha, dan sebagainya.