Investasi Terbaik Untuk Masa Depan

Investasi Terbaik Untuk Masa Depan

Apa saja investasi terbaik untuk masa depan agar mendapatkan kebebasan finansial di hari tua nanti.

Kita semua pasti menginginkan kehidupan yang nyaman dengan kekayaan melimpah dihari tua tanpa pusing lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ada cara untuk mewujudkannya, yaitu menyiapkan dana pensiun melalui investasi.

Dengan berinvestasi, Anda tidak hanya menerima uang, tetapi juga meningkatkan nilainya di masa depan. Biasanya, ada dua tujuan investasi: yang pertama adalah investasi jangka panjang dan yang kedua adalah investasi jangka pendek.

Kebanyakan investor memilih investasi jangka panjang karena ingin mendapat untung. Nilai uang terus meningkat, sehingga bisa sangat menguntungkan di masa depan. Berdasarkan durasi investasi jangka panjang ini, lebih dari 5-10 tahun. Bayangkan Anda melakukan investasi sejak dini. Semakin cepat di usia muda, berapa banyak keuntungan yang akan didapat di usia tua. Meski begitu, berinvestasi tidak bisa dianggap mudah, karena setiap investasi pasti mengandung risiko.

Jadi investasi ini bisa disebut prinsip risiko tinggi, profitabilitas tinggi. Sebagai seorang investor, prinsip ini memahami bahwa semakin tinggi risiko, semakin tinggi pula potensi pengembalian atau potential return. Selama Anda bisa mengatasinya, pengembalian investasi Anda akan sepadan dengan hasil yang dicapai nantinya.

Jadi investasi jangka panjang itu sendiri memiliki beberapa risiko yang harus Anda waspadai. Ada risiko inflasi, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko suku bunga, risiko nilai tukar mata uang asing, serta risiko negara. Berinvestasi membawa banyak risiko, tetapi jika Anda pandai mengelola risiko, risikonya akan lebih kecil. Jika Anda bersedia mengambil semua risiko, investasi jangka panjang bisa menjadi langkah yang baik dalam mempersiapkan hari tua.

Apa Saja Jenis-jenis Investasi Terbaik Untuk Masa Depan

1. Emas

Emas dapat menjadi investasi yang menguntungkan karena diyakini memiliki nilai yang stabil dan tidak terpengaruh oleh inflasi. Oleh karena itu, berinvestasi emas sangat cocok sebagai investasi jangka panjang. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu membeli emas dari toko terpercaya di daerah Anda.

Breaking News  Apa Saja Trading Forex Deposit Kecil?

Selain membeli emas secara langsung, Anda juga bisa membeli emas digital dari Pegadaian. Tidak perlu dana banyak, 5.000 rupiah sudah cukup dan Anda mungkin sudah memiliki emas. Tetapi pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menghindari kerepotan. Selain itu, banyak sekali orang yang menawarkan emas palsu, sehingga Anda harus berhati-hati dan juga belajar membedakan emas asli dan palsu.

2. Saham Bluechip

Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda masukkan ke dalam saham, itu berarti Anda memiliki perusahaan juga. Sekalipun jumlahnya sedikit, saham merupakan bukti kepemilikan oleh seseorang dalam suatu perusahaan atau perusahaan. Dengan memiliki saham tersebut, Anda akan menerima dividen atau bagian dari keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan setiap tahunnya.

Jadi bagi Anda yang baru mengenalnya, disarankan untuk memilih saham bluechip. Saham bluechip adalah saham unggulan dengan rasio modal besar di atas rata-rata dan tingkat likuiditas yang tinggi di pasar. Tentu saja, saham blue-chip terdiri dari beberapa perusahaan terkemuka terbaik dengan pendapatan yang konsisten.

3. Properti

Selain emas dan saham, banyak properti yang dipertimbangkan untuk investasi. Terbukti alat ini bisa menguntungkan di masa depan karena harga tanah akan terus naik setiap tahunnya. Perhatikan saja harga rumah di sekitar rumah atau di daerah Anda, sekarang biayanya lebih tinggi daripada saat membeli.

Jika dipantau setiap tahun, nilai properti meningkat 20%. Namun, saat ini banyak anak-anak milenial yang masih ragu untuk berinvestasi di sektor real estate, karena dianggap membutuhkan modal yang besar. Memang, harga satuan properti ini bisa berkisar dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Apalagi jika berada di kawasan elit atau strategis di pusat kota. Namun, meskipun harganya tinggi, Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Breaking News  Sekuritas Saham Terbaik

4. Tabungan Berjangka

Menabung waktu memang tidak sepopuler deposito atau tabungan konvensional. Namun, penghematan waktu masih menawarkan keuntungan yang signifikan berdasarkan sentimen. Sistem tabungan ini akan memaksa teman-teman untuk rutin dalam jangka waktu yang telah disepakati di awal. Tidak seperti tabungan konvensional, tabungan berjangka tetap memberikan tingkat bunga yang lebih tinggi.

Tetapi ada kekurangan yang perlu dipertimbangkan, yaitu Anda tidak dapat menarik uang kapan pun Anda mau. Dengan demikian, Anda hanya dapat meminjamnya sesuai dengan jangka waktu atau jatuh tempo yang telah ditentukan atau disepakati sebelumnya.

5. Reksadana

Pilihan terakhir untuk investasi jangka panjang adalah reksa dana. Alat ini cukup populer di kalangan milenial. Anda dapat memilih investasi ini sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Ada empat jenis reksa dana yang bisa Anda pertimbangkan secara finansial, yaitu reksadana saham, reks dana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran.

Sistemnya sama seperti berinvestasi di saham biasa, namun perbedaannya di sini akan didukung oleh manajer investasi yang profesional dalam memilih produk yang diperdagangkan di bursa terbaik. Salah satu keuntungan yang ditawarkan, terutama bagi para pemula yang tidak terlalu pandai berinvestasi saham tetapi ingin mencoba memiliki saham. Reksadana merupakan pilihan yang terbaik.

Sedangkan kesamaan dengan saham biasa adalah prinsip high risk dan high return. Jadi bijaklah dalam pilihan investasi Anda dan pastikan Anda memiliki dana investasi tersendiri. Jangan sampai uang digunakan untuk kebutuhan lain demi kepentingan investasi. Jangan menggunakan uang panas yaitu uang untuk kebutuhan sehari-hari atau biaya kuliah yang sangat dibutuhkan. Hal ini sangat dilarang, karena investasi secara keseluruhan merupakan investasi jangka panjang.

Nah, dari lima investasi jangka panjang yang dijelaskan di atas, Anda bisa memilih jenis investasi ini. Jadi mulailah berinvestasi sekarang agar Anda bisa mencapai kebebasan finansial di kemudian hari.