Investasi Untuk Pelajar SMA Yang Mudah Dikelola

Investasi Untuk Pelajar SMA Yang Mudah Dikelola

Bagi yang masih pelajar namun ingin investasi tapi masih bingung karna belum tahu dan terlalu banyak piilhan investasi saat ini.  Apa investasi untuk pelajar SMA yang masih memiliki dana yang minim dan juga belum memiliki KTP. Apa saja investasi yang bisa dipilih?

Mungkin selama ini kita tahu untuk melakukan investasi itu membutuhkan dana yang besar, tetapi saat ini tidak lagi. Banyak pilihan investasi yang bisa dilakukan meskipun dengan alokasi dana yang sedikit. Bahkan untuk melakukan investasi kamu bisa memulainya dengan Rp 5.000 saja. Ini tentu cocok investasi untuk Pelajar SMA yang belum memiliki penghasilan danmasih mengandalkan uang saku dari pemberian orang tua. Apa saja jenis investasi yang cocok untuk pelajar SMA?

Berikut Investasi Untuk Pelajar SMA yaitu:

1. Emas

Investasi untuk pelajar yang pertama yaitu investasi emas. Untuk melakukan investasi ini ada dua cara yaitu membeli dengan cara lama konvensional dan membeli dengan cara digital. Membeli emas dengan cara lama yaitu kamu membeli emas batangan dan harus datang langsung ke tempatnya. Pilih tempat yang bisa dipercaya di daerah kamu masing-masing.

Kalau yang kedua membeli dengan cara online. Di zaman digital seperti ini kamu tidak perlu lagi untuk untuk keluar untuk membeli emas secara fisik. Ada beberapa platform digital seperti Pegadaian online, aplikasi laku emas, danjuga ada di Ecommercde seperti Tokopedia atau Di Bukalapak. Kamu bisa download langsung melalui handphone. Saat ini kamu sudah bisa investasi emas yang cocock untuk pelajar SMA bisa dimulai dari Rp.5000 saja.

Kelebihan investasi emas ini nilainya selalu tumbuh tiap tahun dan tahan terhadap inflasi. Data menunjukkan harga emas pada tahun 2017 itu Rp 470.000/gram, di tahun 2021 harga naik mencapai 990 ribuan/gram. Berarti dalam 5 tahun sudah mengalami kenaikan 100% atau rata-rata setiap tahunnya kenaikannya adalah 20%. Lumayan bukan, kamu sudah bisa mendapatkan untung.

Breaking News  Begini Cara Investasi Emas Di Indogold

2. Reksadana

Mungkin kamu yang masih pelajar masih bingung atau belum tahu apa itu reksadana. Reksadana adalah kegiatan investasi yang mengumpulkan dana dari investor yang dananya itu dikelola oleh pihak yang berkompeten yaitu manajer investasi.

Manajer investasi dengan keilmuannya yang dimilikinya akan memilih menginvestasikan ke berbagai produk lain di pasar modal. Dengan kata lain kita sebagai investor itu menyetor sejumlah uang dan dikelola oleh manajer investasi. Saat ini sudah banyak platform reksadana seperti Bukareksa dari Bukalapak,Tokopedia reksadana, Bibit, dan lain-lain

Reksadana ini cocok untuk para investor pemula karena memiliki resiko yang kecil. Kamu tidak perlu mengamati pergerakan harga tiap waktu karena sudah ada manajer investasi yang bertugas untuk reksadana kalian. Selain itu platform penyedia layanan reksadana sudah diawasi dan terdaftar oleh OJK.

Bagaimana cara registrasinya yang membutuhkan KTP, sedangkan para pelajar ada yang belum mempunyai KTP? Bagi kamu yang belum mempunyai KTP, bisa menggunakan KTP milik orangtua atau kakak kalian untuk sementara. Kelebihannya yang menarik dari investasi reksadana ini bisa dimulai dari Rp15.000 saja.

3. Saham

Ingin memiliki perusahaan meskipun masih Pelajar? Kamu bisa membeli saham dari sebuah perusahaan dan itu berarti kamu adalah salah satu pemilik saham perusahaan tersebut. Investasi saham itu artinya kalian membeli secara bertahap atau rutin sama seperti investasi online yang lainnya.

Breaking News  Cara Investasi Syariah di Bibit

Pertama yang harus dilakukan adalah harus punya akun dengan cara mendownload platform sekuritas yang ada melalui HP kalian. Ada banyak sekuritas yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Misalnya indopremier, Mandiri sekuritas dari Bank Mandiri, punya Bions dari BNI, MNC Sekuritas, Ajaib, Miraie dan ada banyak yang lain.

Jadi ini pilihan saham itu ada banyak di Bursa Efek Indonesia dengan harga yang bervariasi. Ada yang harganya murah dan ada yang mahal. Tetapi jangan khawatir untuk pelajar, ada sekitar 100 emiten Perusahaan yang menjual sahamnya itu murah hanya dengan harga Rp50. Tetapi kamu harus membeli minimal satu lot atau 100 lembar, berarti kamu hanya mengeluarkan uang Rp5.000, murahkan?

Jangan asal pilih saham murah, kamu harus tahu dulu sebelum memilih saham. Pertama kenali dulu p,roduknya misalkan ada saham dari Bank, saham rokok perusahaan rokok yang listing di Bursa Efek juga banyak Ada saham Mie instan, ada sahma pasta gigi, ada saham telekomunikasi, ada saham penerbangan dan lain-lain.

Kedua Kamu cari perusahaan yang profit nya selalu tumbuh setiap tahunnya. Selanjutnya kamu harus tahu juga perusahaan itu mengenai laporan keuangannya. Sehingga dengan cara seperti ini kamu bisa memilih saham dengan tepat untuk mengdapatkan untuk di masa depan

Semakin cepat kamu melakukan investasi, akan semakin banyak juga keuntungan yang akan kamu dapatkan, bisa untuk dana pendidikan, beli kendaraan, beli rumah dan dana pensiun dimasa tua nanti.