Cara Investasi Saham Yang Menguntungkan

Cara Investasi Saham Yang Menguntungkan

Apa itu saham, kenapa harus berinvestasi saham atau trading saham, dan cara memulai investasi saham yang menguntungkan?

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Jadi dengan membeli saham perusahaan, maka kita menjadi pemilik perusahaan tersebut.

Bagaimana cara kita mendapat keuntungan dari investasi atau trading saham?

Keuntungan Membeli Saham

1. Capital Gain

jika kamu membeli di harga 1000 per lembar saham, 1 minggu kemudian saham tersebut naik menjadi 1100 per lembar saham, maka kamu bisa dapat keuntungan 100 rupiah per lembar sahamnya dengan cara menjual saham tersebut.

Kamu tinggal dikalikan saja berapa lot yang beli dan dikali seratus per lembar sahamnya, karena 1 lot nya itu adalah 100 lembar. Namun perlu diingat ada juga fee dari transaksi tersebut namun jangan khawatir karena relatif kecil.

2. Dividen

Dividen ini adalah sebagian dari laba perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang sahamnya. Kalau kamumau cari keuntungan dari Dividen, pastikan kamu membeli saham dari  perusahaan yang sering bagi-bagi dividen.

Kenapa Perlu Berinvestasi Saham?

  1. Tidak butuh modal yang besar untuk mulai berinvestasi saham. Bahkan kamu sudah bisa mulai hanya dengan modal 100 ribu rupiah saja.  Cari broker atau sekuritas yang bisa deposit dengan minimal Rp 100.000.
  2. Keuntungan di pasar modal relatif tinggi. Jika investasi di deposito, kamu hanya akan mendapatkan kurang lebih 5-6% keuntungan dalam 1 tahun, belum dipotong pajak pendapatan yang terbilang cukup tinggi  yaitu 20%. Di pasar modal. Kamu memiliki peluang atau berpotensi untuk mendapat keuntungan belasan hingga ratusan persen dalam wakut 1 tahun.  Namun kamu harus memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai investasi atau trading saham tersebut ya.
  3.  Aman. Pasar modal Indonesia sudah dilindungi atau diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga tidak mungkin ada penipuan atau dibawa kabur uangnya dan sebagainya.
Breaking News  5 Jenis Investasi Jangka Panjang

Bagaimana Cara Memulai Investasi Saham yang Menguntungkan?

  1. Buka rekening saham di sekuritas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk melakukan transaksi.
  2. Siapkan dokumen pribadi kalian seperti KTP, NPWP dan buku tabungan.
    Jika kamu  tidak memiliki NPWP, tidak perlu khawatir karena kalian tetap bisa membuka rekening saham.
  3. Mengisi formulir di perusahaan sekuritas.
  4. Setorkan dana awal atau deposit ke nomor Rekening Dana Investor (RDI). RDI ini nanti akan di emailkan ke email kalian.
  5. Selamat kamu sudah siap berinvestasi!

4 Hal  Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sekuritas

1. Fee Transaksi

Semakin rendah fee transaksi sebuah sekuritas itu semakin baik. Sekuritas A dan Sekuritas B mungkin punya ketentuan fee transaksi yang berbeda, mungkin ada yang lebih tinggi namun mereka memiliki keunggulan lainnya.

Jadi lebih baik kalian riset terlebih dahulu fee transaksi dari sekuritas yang akan kamu daftar. Biasanya fee transaksi paling rendah itu di 0.15% untuk fee beli dan 0.25% untuk fee jual.

Breaking News  Instrument Investasi Syariah Yang Paling Direkomendasikan

2. Setoran Awal atau Deposit

Kamu perlu perhatikan dengan modal awal yang ingin di investasikan. Beberapa sekuritas terkenal di kalangan investor ritel memiliki ketentuan deposit yang berbeda-beda seperti Mirae Asset perlu minimum modal atau deposit sebesar 10 juta.

Indopremier modal di bawah 1 juta, bahkan ada yang hanya 100 ribu saja sebagai dana awal atau deposit.

3. Pilih sekuritas yang memiliki izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Jadi uang investasi kamu pun aman. Modal kamu tidak secara langsung dipegang oleh pihak dari sekuritas, tapi kamu memiliki rekening terpisah di Bank masing-masing yang disebut rekening dana investor (RDI).

4. Service Yang Ditawarkan Dari Perusahaan

Salah satu yang jadi pertimbangan adalah software atau aplikasi trading yang disediakan oleh sekuritas harus user firendly dan mudah mencari informasi-informasi yang diperlukan untuk menunjang analisis saham.

Selain itu, aplikasi tersebut harus memiliki fitur yang lengkap untuk menganalisis pasar dan trading.

Biasanya banyak sekuritas-sekuritas memiliki program pelatihan seputar investasi atau trading

Jadi ini adalah sebuah program atau service edukasi dari perusahaan atau sekuritas tersebut yang menawarkan edukasi bagi yang mau belajar investasi atau trading.

Kamu juga perlu riset semua ini sebagai bahan pertimbangan broker mana yang lebih oke dan lebih cocok buat kamu.

Setiap sekuritas memiliki keunggulannya masing-masing agar kamu bisa memilih saham yang menguntungkan.