3 Jenis Investasi Modal 100 Ribu Bisa Jadi Jutawan

3 Jenis Investasi Modal 100 Ribu Bisa Jadi Jutawan

Ada banyak jenis investasi yang saat ini tersedia di pasar Indonesia. Meskipun demikian, masih ada orang yang ragu untuk memulai investasi. Sejumlah kecil investor terus dipengaruhi oleh prasangka lama bahwa berinvestasi itu sulit, berisiko dan mahal.

Padahal, stigma tersebut jelas tidak relevan saat ini karena munculnya alternatif investasi baru dan sederhana. Salah satu keuntungan dari alternatif investasi saat ini adalah biaya awal yang rendah hanya Rp.100.000.

3 Jenis Investasi Modal 100 Ribu Untuk Pemula

1. Reksa Dana

Reksa dana saat ini menjadi salah satu jenis calon investor yang paling diminati. Pasalnya, Anda sudah bisa berinvestasi di reksa dana dengan modal kecil, yakni sekitar Rp. Bahkan, ada sejumlah sekuritas yang berinvestasi di reksa dana dengan modal hanya Rp 50.000.

TRANDING:  Instrument Investasi Syariah Yang Paling Direkomendasikan

Selain itu, dana yang Anda sisihkan untuk diinvestasikan di reksa dana dikelola oleh manajer investasi yang ahli di bidangnya masing-masing. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana mengelola uang yang Anda miliki untuk menumbuhkannya. Hanya tinggal di rumah.

2. Emas

Dari awal, emas batangan benar-benar salah satu kendaraan investasi yang diincar banyak orang. Salah satu alasan mengapa banyak orang terburu-buru berinvestasi emas adalah karena harga emas relatif aman.

Bahkan, meningkat setiap tahun. Selain itu, emas tidak dapat diencerkan oleh inflasi, seperti berinvestasi dalam mata uang fiat. Jika ada penurunan, harga tidak akan bertahan lama.

Sekarang lebih mudah lagi, investasi emas juga bisa dilakukan dengan modal mulai 100 ribu rupiah. Investasi emas yang dimaksud di sini adalah membuka rekening tabungan emas. Dalam menabung, Anda bisa mulai berinvestasi dengan membeli emas mulai dari 0,01 gram saja.

TRANDING:  Cara Investasi Emas Agar Untung dan Minim Resiko

3. Pinjaman P2P

P2P lending merupakan salah satu alternatif investasi baru yang paling mudah didapatkan masyarakat. P2P lending adalah skema pembiayaan yang menghubungkan investor, yakni pihak yang memiliki modal, dengan peminjam yang membutuhkan modal.

Akibatnya, pemberi pinjaman, atau lebih sering disebut pemberi pinjaman, berhak menerima bunga pinjaman. Anda bisa mendapatkan keuntungan bisa mulai dari 100 ribu rupiah. Siapapun, dimanapun, siapapun bisa memulai alternatif investasi ini. Karena biaya awal yang rendah, alternatif investasi ini juga dapat menjadi sarana diversifikasi bagi investor berpengalaman.

Karena setiap instrumen investasi memiliki risiko, maka risiko yang akan diterima adalah risiko keterlambatan pembayaran sebelum kewajiban wanprestasi. Namun, penting bagi pemberi pinjaman untuk memilih dan mengetahui perusahaan pinjaman P2P paling aman, misalnya terdaftar dan dikendalikan oleh OJK.